[MLM] Fakta atau Fiktif?

Hi bloggers,

Saya yakin, banyak dari kita sudah akrab dengan istilah Multi Level Marketing (MLM). Menjual barang dengan cara distribusi langsung - person to person. Cara ini diyakini merupakan salah satu alternatif penjualan yang efektif, dimana brand and product awareness dibangun lewat jaringan individual distributor yang memenuhi pasar.

Banyak industry yang mengadopsi MLM sistem ini unuk memasarkan produk, baik dari bidang obat/farmasi, cosmetics/toiletries, kesehatan dan lainnya. Banyak orang yang sukses karena MLM, namun tidak sedikit yang menghujat dan curiga.

Apakah kesuksesan di MLM ini fakta atau sekedar tipuan marketing saja?

Saya bukan seorang distributor MLM perusahaan tertentu, harap ini dijadikan catatan dalam mengkaji artikel ini. Jadi tidak membawa pesan sponsor dari manapun :)

Pengalaman bekerja di management sebuah MLM, membuat saya menganalisa, apakah kesuksesan yang ditawarkan MLM ini bisa direalisasikan atau hanya sebuah isapan jempol.

Kebanyakan distributor MLM memulai bisnis, ketika mereka terlilit kesulitan keuangan (banyak hutang), fresh graduate yang sulit mendapatkan kerja kantoran, bahkan korban2 PHK. Dalam kurun waktu berapa tahun, mereka bisa sukses, setidaknya terlepas dari masalah kurang uang. Saya analisa, bonus bulanan mereka kian lama makin bertambah.

Di sisi lain, banyak pula individu yang memulai bisnis MLM dengan sejuta impian, akhirnya kandas, bahkan bersikap skeptis/sinis terhadap MLM bisnis.

* MLM masih menjanjikan kesuksesan? PASTI!

* MLM dapat dijadikan profesi yang menghasilkan? Ada ribuan distributor yang menggantungkan hidup mereka dari bisnis MLM. Kalau kita dengar testimoni para distributor bagaimana MLM mengubah hidup mereka, wah, pasti panjang banget untuk diungkapkan di artikel ini.

Kenapa ada orang yang berjaya di MLM dan yang lain keok?

Analisa singkat saya, ini semua bergantung pada "3 Tepat"

1. Tepat Pribadi - apakah anda type seorang penjual (sales). Karena syarat mutlak bisnis ini, anda benar2 seorang yang tahan banting, tahan mental, tahan stamina fisik dan tahan malu - dalam hal mencari downlines

2. Tepat Visi - apakah MLM merupakan bagian vital dari visi hidup anda? MLM membutuhkan pembangunan jaringan distributor, dimana sebagai upline, harus dapat menularkan visi bisnis dan hidup anda ke para downlines. Visi untuk terus berkembang, tidak mudah puas diri, dan berpikiran positif. Sikap hidup yang berdasarkan pada "proses", dimana tidak ada kesuksesan tanpa disertai kerja keras

3. Tepat Waktu dan Tempat - apakah anda membangun bisnis MLM di waktu yang tepat? pasca krisis ekonomi 1998 merupakan momentum kebangkitan MLM di Indonesia.

apakah tempat yang dipilih tepat? pilihlah daerah di mana banyak dijumpai orang2 yang membutuhkan income tambahan, terutama di luar pulau Jawa - menurut saya banyak menghasilkan leader2 MLM baru.

* Apakah kesuksesan MLM berlaku untuk semua orang? Saya pikir TIDAK.

Tidak semua orang cocok berbisnis di MLM, kecuali jika ada punya karakter dan visi seorang penjual.

Akhir kata, MLM merupakan salah satu alternatif pencarian nafkah - daripada korupsi atau manipulasi kan?

Ada komentar? Feel free to put in

Ben

9 komentar

  1. Anonim  

    2 April 2008 pukul 12.57

    setuju ma poin 1. emang musti tahan banting dan tahan malu. ini karakter yg sulit dibentuk. di presentasi MLM jarang disebutkan. kalaupun disebutkan... ditambah... "kami akan mengajarkan nya"

  2. Anonim  

    2 April 2008 pukul 18.23

    Hi Ben, jadi kesuksesan di MLM itu fakta atau tipuan marketing sebenarnya.. blm dijelaskan, jawaban atas pertanyaan itu?

  3. Anonim  

    2 April 2008 pukul 18.57

    Ya, setuju dengan point 1, cuma orang orang yang bisa mengalahkan rasa malu dan gengsinya yang bisa sukses

  4. benjamin's blog  

    2 April 2008 pukul 22.54

    Hi,

    secara eksplisit, dijelaskan, bahwa sukses di MLM itu ada. khususnya, untuk pribadi yang punya karakter sales/penjual.

    untuk tipuan marketing di MLM, memang ada, akan saya tulis di artikel terpisah.

    tunggu tanggal mainnya ya :)

  5. Anonim  

    3 April 2008 pukul 19.06

    Setuju dengan artikel ini. MLM memang fakta bisa membuahkan kesuksesan kepada orang yang tepat disaat yang tepat, sekali lagi TIDAK kepada semua orang, hanya orang2 yang tepat.

  6. Anonim  

    4 April 2008 pukul 05.44

    MLM........ada yang sukses, ada yang gagal.
    Bisnis Lain......ada yang sukses, ada yang gagal.
    Pekerjaan Lain.....ada yang sukses, ada yang gagal.

  7. Anonim  

    7 April 2008 pukul 10.40

    Mau sukses di MLM harus punya jiwa Entrepreneur alias pengusaha disamping harus tahan banting, mnetal maupun fisik, berpikir jauh ke depan. Proses yang tidak instant untuk mengarah menjadi seorang Entrepreneur.

  8. AnggitW  

    9 April 2008 pukul 05.40

    mampu dan mau,
    mampu tapi tidak mau,
    tidak mampu tapi mau,
    tidak mampu dan tidak mau..
    Kalau Anda mau pasti ada jalan menuju kesana. Mungkin Anda tidak mampu sekarang, tapi bila ada kemauan, kemampuan bisa diasah....
    Yang jelas pemain MLM adalah orang2 yang tahan banting, mental baja, kemauan kuat... itu yang saya tahu.

  9. Anonim  

    12 April 2008 pukul 11.51

    Pemain MLM adalah orang yang harus tahan mental,tahan uji , kata orang MLM no pain no gain ,segala sesuatu yang kita impikan harus tercapai.



Posting Terbaru

Komentar Terbaru